Kenali Bahan Komposisi Cat Tembok Ini!

Apa saja komposisi cat tembok? Sebelum kita membahasnya, ada baiknya kita mengenal lebih dekat tentang cat tembok. Seperti kita ketahui, semua komponen rumah membutuhkan yang namanya cat. Cat sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, seperti cat besi, cat kayu, cat air, cat semprot hingga cat tembok. Cat sendiri bisa dikatakan sebagai bahan pewarna yang sifatnya cair dan banyak digunakan untuk kebutuhan di rumah Anda. Namun, terkadang kita di buat penasaran apa saja komposisi atau bahan utama pembentuk cat? 

komposisi cat tembok dulux,komposisi cat tembok catylac,harga cat tembok,harga cat tembok decolith,cat tembok terbaik,harga cat tembok no drop,warna cat tembok,harga cat tembok nippon paint,
Pada umumnya, bahan utama pembuatan cat sendiri terdiri dari berbagai jenis komposisi. Namun beberapa bahan tadi bisa dikelompokkan ke dalam 3 jenis, yang mana cat tentu wajib memiliki kandungan dari 3 jenis komposisi tadi. Adapun ketiga jenis komposisi bahan tadi di antaranya pelarut atau solvent, perekat atau binder dan pigmen. Untuk lebih jelasnya, mari kita ulas bahan tersebut satu demi satu. Pigmen merupakan bahan pada cat uang dapat memberikan warna dalam cat tersebut. Biasanya pigmen memakai campuran dari metal. Seperti pigmen dalam cat, yaitu titanium oksida digunakan untuk memberikan warna putih, karbon digunakan untuk memberikan warna hitam, sementara besi oksida biasanya digunakan untuk memberikan warna kuning, merah atau jingga. 

Tak jarang pula sebuah cat memakai campuran dari berbagai pigmen warna agar bisa membuat warna-warni yang bervariasi. Komposisi bahan pembuat cat berikutnya adalah binder atau perekat. Bahan pada cat ini berguna untuk dapat merekatkan berbagai pigmen ke dalam bahan yang akan di cat. Hal ini dikarenakan pigmen sendiri berbentuk padat, jadi tak mungkin bisa langsung menempel dalam suatu bahan. Umumnya binder dapat terbuat dari bahan plastik ataupun minyak alami, seperti acrylic dan vinyl. Adapun kedua bahan campuran tersebut bisa menghasilkan sebuah campuran kental.

Supaya bahan tersebut mudah digunakan, biasanya ditambahkan dengan bahan lain yakni solven atau pelarut. Bahan yang satu ini dimanfaatkan agar bisa mencairkan cat supaya lebih mudah digunakan, khususnya untuk jenis cat semprot. Berbagai jenis dari pelarut ini yaitu diantaranya gloss dan minyak, namun yang paling umum digunakan dengan nilai yang lebih ramah terhadap lingkungan yaitu air. Sebenarnya tak hanya bahan-bahan tersebut di atas saja yang digunakan sebagai bahan pembentukan cat. Umumnya cat juga ditambahkan pula dengan bahan lainnya agar menambah kemampuan dari cat tersebut. 

Bahan tambahan pada cat misalnya keramik yang bisa meningkatkan ketahanan pada sebuah cat, atau juga fluorescent agar membuat cat lebih menyala dalam kegelapan. Adapun bahan-bahan ini biasanya disebut sebagai zat aditif atau bahan tambahan. Selain zat aditif, ada lagi bahan extender berfungsi sebagai bahan untuk pengisi cat, yakni bahan yang dapat memberikan volume pada cat serta kekentalan pada cat dan umumnya terbuat dari zat kapur. Ya, itulah penjelasan mengenai komposisi cat tembok!
Kenali Bahan Komposisi Cat Tembok Ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah