Jenis Bahan Cat Tembok Yang Perlu Kita Ketahui

Jenis Bahan Cat Tembok - Apa saja bahan cat tembok yang wajib kita ketahui? Sebelum menjawabnya, ada beberapa hal penting mengenai cat. Cat merupakan sebuah bahan cairan dengan sifat dapat dioleskan di suatu permukaan lalu setelah mengering membentuk sebuah lapisan tipis, berkohesi dan kering yang memiliki daya lekat baik di permukaan. Cat sendiri termasuk pelapis warna umumnya digunakan agar bisa melindungi sebuah permukaan, entah itu permukaan besi, dinding, genteng, kayu dan sebagainya. Warna yang ada dalam cat sendiri berasal pada lapisan pigmen sebagai bahan dari penyusun cat. 

merk plamir tembok yang bagus,harga cat dasar tembok,cara mengecat tembok baru,cat dasar tembok paling bagus,cara mengecat tembok lama,harga cat plamir,cat dasar tembok dulux,plamir tembok dulux,
Tak hanya dipakai untuk melindungi permukaan dan mewarnai ruangan saja, cat juga dapat dipakai sebagai sebuah karya seni contohnya seni lukis serta sebagai pengawet yang bisa mencegah terjadinya kerusakan yang berasal dari air. Jenis-jenis cat itu sendiri terdiri atas cat tembok dan cat air, untuk solven based sendiri yaitu cat minyak, cat mobil dan cat besi. Adapun bahan cat tembok itu sendiri terdiri atas:

• Binder
Merupakan bahan dasar dari cat sebagai komponen yang berperan untuk membentuk sebuah daya rekat di permukaan maupun objek yang hendak di cat. Sesuai pembentukan dari lapisan, komponen binder ini dibagi atas beberapa macam yaitu oksidasi, evaporation/solid thermoplastic, tipe emulsiun, katalis, panas dan oksidasi. 

• Thinner atau solvent
Merupakan cairan yang dipakai di dunia industri cat berfungsi melarutkan serta membantu proses penguapan dan tak menjadi bagian dalam lapisan cat yang kering. Adapun fungsi dari solven ini yaitu mengatur tingkat kekentalan, mengatur waktu pengeringan serta mengencerkan cat.

• Pigment
Adalah salah satu dari komposisi cat tembok yang umumnya dipakai untuk memberikan warna dalam cat. Bahan pigmen ini terlarut pada cat serta tak larut pada binder. Adapun fungsi dari pigmen ini adalah untuk pelindung, pembentuk keindahan dan fungsi spesial lainnya.

• Zat aditif
Merupakan komponen yang berguna memperbaiki sebuah sifat khusus atau memberikan sifat khusus pada solven, pigmen dan binder. Adapun fungsinya yaitu menghambat pertumbuhan organisme pada sebuah produk untuk menjadi cat.

• Filler
Merupakan komponen untuk dapat membantu sebuah pigmen utama yang dapat meningkatkan daya rekat. Adapun contoh dari bahan ini yaitu talc powder, calcium karbonat serta kaolin clay.

Dalam aditif sendiri terdapat beberapa jenis komponen, diantaranya thickener untuk bisa menghasilkan sebuah kekentalan tertentu, dan menjaga tingkat kestabilan pada emulsi supaya likuid dan filler tak memisah. Selain itu, ada antifoam yang berperan mencegah adanya busa ketika cat diaduk dalam pabrik, saat cat tersebut diaduk pada kemasan dan ketika cat diaplikasikan ke permukaan. Bahan lainnya adalah biocide yang umumnya berfungsi mencegah adanya jamur pada kemasan atau kali serta di bagian permukaan tembok setelah di cat. Demikianlah ulasan mengenai bahan cat tembok untuk Anda!
loading...